Kelemahan BlackBerry Torch dibandingkan iPhone 4 dan Droid

Written By baim on Sabtu, 30 April 2011 | 16.51

Ada banyak kelebihan BlackBerry Torch 9800 bila dibandingkan iPhone 4 maupun Droid. Disini saya hanya akan fokus pada kekurangan Blackberry Torch saja:

  • Blackberry Torch kurang bertenaga, terutama bila dibandingkan dengan rivalnya keluaran terbaru iPhone 4 dan Android yang telah menggunakan prosessor 1 GHz. Ya, si Torch ini hanya dipersenjatai dengan prosessor 624 MHz. Bila diumpamakan mobil maka mobil dengan 1800cc akan terasa kurang bertenaga bila dibandingkan dengan mobil yang bermesin 2000cc. Seperti handset keluaran RIM lainnya Blackberry Torch ini perpindahan menu dan aplikasinya sedikit kurang smooth bila dibandingkan dengan iPhone.
  • Kekurangan Blackberry Torch yang menonjol juga terlihat dari kurangnya aplikasi pihak ketiga yang support dengan BlackBerry OS 6. Anda bisa lihat dengan masuk ke Blackberry Aplication World dimana bisa dikatakan tidak ada aplikasi baru yang khusus/support Torch 9800. BlackBerry OS 6 adalah OS yang jauh lebih bagus dibanding OS sebelumnya tapi tanpa dukungan aplikasi yang mendukung sama saja bohong. Windows 7 tidak akan ada artinya kalau misalnya Microsoft Office tidak bisa dijalankan disitu. Toh yang kita butuhkan adalah aplikasinya karena itulah yang berhubungan langsung dengan user. Bila anda betul betul merencanakan untuk menggunakan Blackberry Torch mungkin anda sebaiknya menunggu beberapa bulan lagi. Saya yakin, ketika BB OS 6 telah tersedia versinya untuk Blackberry lainnya seperti Curve, Bold 9700 dan lainnya maka aplikasi yang support Blackberry OS 6 akan tersedia melimpah.
  • WebKit di browser BlackBerry Torch (masih) belum selevel dengan iPhone maupun Android. Ketika browsing, -lagi-lagi…mirip dengan kebanyakan handheld Blackberry lainnya- tidak atau belum se-smooth seperti yang bisa kita rasakan di smartphone iPhone maupun Android. Entah kenapa, yang jelas ini menjadi pekerjaan berikutnya bagi RIM untuk memperbaikinya.
  • Dibandingkan dengan layar pada iPhone maupun Droid, Blackberry Torch kalah 2-0. Pertama kalah dari segi ukuran layarnya dan kedua kalah dari segi keindahan layarnya -mungkin karena resolusi layarnya yang lebih kecil-.
  • Wi-Fi Tethering juga merupakan kekurangan Blackberry dibanding ‘musuhnya’ iPhone 4 dan Droid. Wifi tethering merupakan fitur baru yang dipasangkan pada handheld terkini yang berfungsi untuk menjadikan handheld tersebut bisa dijadikan sebagai Hot-Spot WiFi. Di blackberry anda akan membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang biasanya berbayar agar bisa ditethering dengan perangkat lain yang juga memiliki wifi.

Kesimpulan:

Kecuali anda penggemar fanatik Blackberry alias ‘Blackberry FanBoy’ *mangnya ada istilah begitu :)* maka anda punya pilihan yang lebih baik, iPhone dan Droid dengan fitur dan performa yang lebih superior. Bila anda masih suka BBM-ing maka tidak ada pilihan lain selain Blackberry. Lagipula belum ada satupun handheld di dunia ini yang bisa mengalahkan fasilitas push email dan messaging di Blackberry. Selain keamanannya, infrastrukturnya yang memang sudah dibangun sejak lama menjadikan Blackberry tak tertandingi. Nokia yang juga menyediakan fasilitas serupa, mendekatinya pun belum. So, apabila anda termasuk orang yang banyak berhubungan dengan email dan tidak masalah dengan biaya langganan BIS perbulannya, segala kekurangan di atas ‘patut’ anda kesampingkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar