Apa itu Page Impressions, CTR, eCPM

Written By baim on Sabtu, 02 April 2011 | 20.29

Mari bahas terminologi seputar bahasa AdSense yang tadinya aku juga bingung apa maksudnya, begitu banyak istilah-istilah dari AdSense dan setelah mengunjungi langsung ke situsnya dan cari tau, akhirnya aku bisa merangkumnya disini. Semoga bermanfaat :)


Apa itu Page Impressions pada laporan AdSense?
Page Impressions adalah jumlah berapa kali iklan AdSense anda tampil pada halaman web. Dihitung dari saat JavaScript Adsense tersebut dibuka dan ditampilkan pada browser. Jumlah unit iklan pada halaman tidak akan mempengaruhi page impressions tersebut, jadi misalkan anda meletakkan 3 unit iklan AdSense pada suatu halaman yang terbuka 2 kali pada web browser, maka jumlah page impression yang akan anda dapat adalah 2 dan jumlah ad unit impressions anda adalah 6.

Page Views adalah jumlah berapa kali halaman yang terdapat iklan AdSense tampil.

Banyak yang bertanya mengapa jumlah page views dan jumlah page impressions pada AdSense suka selalu berbeda, bahkan bisa setengahnya:
Page views adalah jumlah kunjungan pada halaman konten termasuk oleh Googlebot dan robot spider lainnya yang meng-index konten anda. Halaman web yang di request dari mobile phone atau semacamnya tidak selalu bisa mencakup segala element atau iklan yang terdapat pada halaman web tersebut. Ada juga para pengguna internet yang telah mematikan fungsi javascript, maka otomatis iklan adsense anda atau iklan lainnya yang menggunakan javascript tidak akan muncul. Ditambah lagi sebagian orang yang suka menggunakan program untuk blokir atau meng-nonaktifkan iklan- iklan pada halaman web, jadi otomatis tempat iklan tersebut akan tampil kosong alias blank. Browser yang tidak support tag iframe pun tidak bisa memunculkan AdSense . Jika iklan AdSense anda tidak muncul, maka page impressions nya pun tidak dihitung tetapi page views halaman anda terhitung karena sudah loaded pada web browser.

Apa itu CTR?
CTR singkatan dari click through rate. CTR adalah jumlah klik pada iklan anda dibagi dengan jumlah berapa kali impressions yang anda dapatkan. Dengan kata lain CTR adalah klik persentase yang didasarkan pada jumlah berapa kali halaman tersebut ditampilkan. Rumus matematikanya, CTR = jumlah klik : jumlah tampil.

Apa itu eCPM?
eCPM singkatan dari effective cost-per-thousand (M= mil, dalam Latin yang artinya seribu). eCPM dapat dihitung dengan membagikan jumlah total pendapatan dengan total impressions dalam 1000. Rumus matematikanya, (total pendapatan : total impressions) X 1000 = eCPM.

1 komentar:

Ishak mengatakan...

bagus penjelasannya, saya baru mengerti, terima kasih atas informasinya

Posting Komentar