Sehubungan dengan Google ranking, hal pertama yang mesti kita tau adalah ‘Web Page’ atau halaman website. Yang sedang anda buka sekarang ini adalah web page, dan disitu, di dalamnya, mengandung keyword-keyword atau kata kunci yang kemudian di-index (direkam) oleh Google. Sehubungan dengan web pages ini Google memberikan apa yang disebut dengan Google PageRank dan Search Result Ranking, keduanya sangat berkaitan dalam menentukan posisi website di search engine Google.
Yang dimaksud dengan ‘Search result ranking’ adalah posisi web page suatu website dari hasil pencarian suatu query yang diketikkan oleh orang ketika mencari sesuatu melalui mesin pencari Google. Sedangkan ‘PageRank’ adalah ranking dengan nilai 0 sampai 10. Semakin tinggi Google’s PageRank suatu web pages semakin besar ‘kemungkinan’ website tersebut untuk ditampilkan di urutan pertama hasil pencarian Google. Detik.com misalnya memiliki PageRank 7 sedangkan Google sendiri memiliki PageRank 10. Google PageRank biasanya di update oleh Google setiap 3 bulan sekali dengan begitu para pemilik website bisa meningkatkan atau mengevaluasi ranking websitenya setiap waktu.
Apabila anda ingin mengetahui PageRank suatu website atau tepatnya webpage (karena pegerank setiap web page meskipun satu website itu beda-beda) bisa meng-install Goolge PageRank toolbar atau mengeceknya langsung di situs penyedia pagerank checker. Bila anda menggunakan Mozilla Firefox add on seperti SeachStatus bisa anda gunakan untuk mengecek pagerank suatu halaman sekaligus menampilkan Alexa-nya.
Berdasarkan informasi singkat di atas, kita sekarang memiliki gambaran bagaimana Google meranking website. Nah, agar website kita berada di urutan pertama hasil pencarian Google hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah:
- Link Building,
Prinsipnya semakin banyak orang yang bercerita atau merefer/me-link ke website kita dari website/blog lain link popularity website kita akan semakin tinggi dan begitu pula posisinya di search engine (termasuk pagerank). Untuk melakukan link building, sebarlah link website antara lain dengan melakukan directory bookmarking dan social bookmarking di situs-situs seperti digg.com, technorati, termasuk facebook.com, twitter.com dll, tukeran link dengan blog-blog lain, dlsbnya. Link building ini dilakukan dengan cara yang ‘bersih’ yang tidak melanggar aturan Google, misalnya jangan melakukan link building dari situs dengan bad neighbor karena bukannya akan meningkatkan popularitas website, situs-situs tersebut akan menurunkan rankingnya.
- Menggunakan Keyword atau kata kunci yang ingin di-optimize. Misalnya anda ingin optimize keyword ‘kaos unik dan murah’ maka dalam tulisan di dalam website/blog mesti mencantumkan keywords tersebut. Jangan sampai di halaman website kita tidak ada satu kata pun kata yang menyebut ‘kaos unik dan murah’. Dianjurkan kata tersebut dipake di title tulisan dan di awal paragraf tapi jangan overuse dan hindari keyword stuffing karena bisa-bisa Google menganggapnya spam, Cukup diulang dua sampai tiga kali saja. Usahakan menulis se-natural mungkin tanpa perlu memaksakan untuk menyisipkan kata kunci tersebut.
- Menggunakan TITLE tag. Title tag biasanya ditempatkan di HTML header website. Bila anda menggunakan CMS WordPress tersedia plugin All in One Seo Pack, kita tinggal mengisinya dengan keyword yang ingin di-optimize.
- Menggunakan keyword-rich anchor text atau keyword yang memiliki link. Di tulisan ini anda bisa melihat keywords yang diberi link. Kita selalu bisa melakukan ini untuk tulisan kita sebelumnya, me-link ke tag, category, postingan lainnya, dll.
Dengan menerapkan empat jurus sederhana di atas, ini akan cukup memberi impact kepada website kita untuk berada di posisi pertama Google. Di kesempatan lain Insya Allah kita cerita lagi lebih dalam dan lebih banyak tentang optimasi website ini.
1 komentar:
wuih...mantap artikelnya berangsur-angsur saya mengerti terima kasih buanyaaaaak :-),maklum saya masih bayi ngelola blognya owek..owek..
Posting Komentar